//iklan otomatis

GoJo pepPo

"ikatlah ilmu dengan menulisnya" salam,Gojo peppo

Thursday, 21 April 2011

Penjadwalan Proses

Penjadwalan proses merupakan kumpulan kebijaksanaan dan mekanisme di sistem operasi yang berkaitan dengan urutan kerja yang dilakukan sistem komputer.

Konsep penjadwalan :
1. Faktor efisiensi
2. Faktor keadilan
3. Faktor kemudahan

Penjadwalan sejumlah proses yang dieksekusi secara bersama-sama itu terjadi pada saat multi programming, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Ketika suatu proses berpindah dari running state ke waiting state
2. Ketika suatu proses berpindah dari running state ke ready state
3. Ketika suatu proses berpindah dari waiting state ke ready state
4. Pada saat proses sudah selesai dieksekusi


Langkah-langkah diatas dapat digambarkan sebagai berikut :

Pertimbangan pembuatan Algoritma penjadwalan :
  1. Turn Arround Time : Selang waktu antara suatu proses masuk antrian sampai proses tersebut dieksekusi
  2. Waiting Time : Total waktu suatu proses harus menunggu sebelum proses itu selesai dieksekusi
  3. Respon Time : Selang waktu sejak suatu proses masuk antrian sampai proses tersebut dilayani untuk pertamakalinya
  4. Fair Ness
  5. CPU Utilization

Algoritma yang digunakan dalam penjadwalan Proses :
1. FIFO (First In First Out) atau FCFS (First Come First Served)
2. SJF (Shortest Job First)
3. SRF (Shortest Remaining Time First)
4. RR (Round Robin)
5. Priority Scheduling


Contoh Kasus :
  1. Algoritma FIFO dan SJF
    Misalkan ada 3 proses yang dieksekusi secara multiprogramming. Diasumsikan ke tiga proses datang bersamaan tetapi dieksekusi dengan urutan sesuai index. Tentukan waktu tunggu rata-rata (Average Waiting Time/AWT), Turn Arround Time dan Respon Time!
     Proses   Burst Time 
    P1 24
    P2 3
    P3 3
    1. Buat Algoritma FIFO / FCFS
    2. Buat Algoritma SJF

    1. Grand Chart untuk Algoritma FIFO / FCFS
      A.W.T = P1 + P2 + P3 = (0 - 0)+(24 - 0)+(27 - 0) = 51 = 17 satuan waktu
                              3                                 3                   3
       Turn Arround Time   Respon Time 
      P1 = 24 P1 = 0
      P2 = 27 P2 = 24
      P3 = 30 P3 = 27

    2. Grand Chart untuk Algoritma SJF

      A.W.T = P1 + P2 + P3 = (6 - 0)+(0 - 0)+(3 - 0) = 9 = 3 satuan waktu
                              3                               3                 3
       Turn Arround Time   Respon Time 
      P1 = 30 P1 = 6
      P2 = 3 P2 = 0
      P3 = 6 P3 = 3

  2. Algoritma Shortest Remaining Time First (SRT)
    Ada empat buah proses dengan data :
     Proses   Arival Time   Burst Time 
    P1 0 8
    P2 1 4
    P3 3 9
    P4 4 5
    Tentukan A.W.T, Respon Time, Turn Arround Time dari masing-masing proses!

    Grant Chart SRF






    A.W.T = P1 + P2 + P3 = (10 - 0)+(1 - 0)+(18 - 3)+(5 - 4) = 266,5 satuan waktu
                            4                                      4                          4
     Turn Arround Time   Respon Time 
    P1 = 18 P1 = 10
    P2 = 5 P2 = 1
    P3 = 25 P3 = 18
    P4 = 10 P4 = 5

  3. Algoritma Round Ribon (RR)
    Prinsip Kerja :
    - Ditentukan Nilai Time Quantum-nya
    - Setiap selang Time Quantum diadakan pergantian pelayanan berdasarkan urutan index

    Ada empat buah proses dengan data :
     Proses   Burst Time 
    P1 6
    P2 5
    P3 4
    P4 3
    Tentukan A.W.T, Respon Time, Turn Arround Time dari masing-masing proses menggunakan Algoritma Round Robin dengan Time Quantum 2 satuan waktu. Asumsikan semua proses datang bersamaan!

    Grant Chart RR
    A.W.T = P1 + P2 + P3 + P4
                                 4
             = ((0–0)+(8–2)+(15–10))+((2–0)+(10–4)+(17– 2))+((4–0)+(12–6))+((6–0)+(14–8))
                                                                             4
             = 11 + 13 + 10 + 12
                           4
             = 46 = 11,5 satuan waktu
                 4
     Turn Arround Time   Respon Time 
    P1 = 17 P1 = 0
    P2 = 1 P2 = 2
    P3 = 14 P3 = 4
    P4 = 15 P4 = 6

4 comments: