//iklan otomatis

GoJo pepPo

"ikatlah ilmu dengan menulisnya" salam,Gojo peppo

Sunday 23 March 2014

Software Simulator Otomata

Di artikel sebelumnya (Pengenalan Teori Otomata) kita udah tau apa itu otomata, dan untuk cara memodelkannya kalian bisa baca di Finite State Automata (FSA).
Nah di artikel ini saya akan berbagi dengan kalian tentang aplikasi untuk memodelkan otomata secara otomatis, jadi kagak bingung untuk nyari hasilnya :D

Sebelum kalian menggunakan aplikasi ini, pastikan di komputer harus terinstall java dulu, karna aplikasi ini lahir dari keluarga java.
  1. JFLAP
    JFlap Software Simulator Otomata 
    JFLAP adalah paket perangkat grafis yang dapat digunakan sebagai bantuan dalam belajar konsep dasar Bahasa Formal dan Teori Automata. JFLAP dapat digunakan untuk bereksperimen dengan bahasa formal yang termasuk topiknondeterministic finite automata, nondeterministic pushdown automata, multi-tape Turing machines, several types of grammars, parsing, and L-systems. Selain membangun dan menguji contoh-contoh untuk ini, JFLAP memungkinkan seseorang untuk bereksperimen dengan bukti konstruksi dari satu bentuk ke bentuk lainnya, seperti mengubah sebuah NFA ke DFA ke keadaan minimal DFA untuk ekspresi reguler atau tata bahasa reguler.

    Sekarang JFLAP udah Version 7.0 RELEASED August 28, 2009
    Website : http://www.jflap.org/

    Tutorial : http://www.jflap.org/tutorial/
    Download : http://www.cs.duke.edu/csed/jflap/log/form.php
  2.  jFAST  a Java Finite Automata Simulator
    jFast Software Simulator Otomata
    jFAST adalah silmulator sederhana, alat yang mudah digunakan untuk membuat, mengedit, dan simulasi finite automata dan state machines. jFAST menyediakan metode yang sederhana dan intuitif berinteraksi dengan berbagai jenis didukung finite state machines (FSM), termasuk deterministic finite automata (DFA), non-deterministic finite automata (NFA), pushdown automata (PDA), state machines (SM), dan Turing machines (TM). jFAST juga menyediakan untuk pengguna dengan kemampuan untuk memeriksa FSM mereka pada input yang berbeda, dan memberikan pesan yang jelas dan bermakna ketika kesalahan ditemui.

    Sekarang jFAST udah Version 1.2 RELEASED May 26, 2006
    Website :
    http://jfast-fsm-sim.sourceforge.net/
    Tutorial : http://jfast-fsm-sim.sourceforge.net/
    Download :
    http://sourceforge.net/projects/jfast-fsm-sim/
  3. Visual Automata Simulator
    Visual Automata Simulator

    Sebuah alat
    untuk simulasi, visualisasi dan mengubah finite state automata dan Turing Machines
    .
    Aplikasi kecil ini memungkinkan untuk membuat dan mensimulasikan setiap deterministik atau Non-Deterministic Finite Automata (DFA atau NFA) serta Mesin Turing (TM).
    Telah terinspirasi oleh kelas CS411 (Automata Theory) yang diajarkan oleh Prof Galles dan CS601 (Object-Oriented Software Development) yang diajarkan oleh Prof Parr.
    Ditulis seluruhnya di Java (menggunakan Swing untuk GUI)


    Sekarang VAS udah Version 1.2.2 RELEASED November 24, 2006
    Website :
    http://www.cs.usfca.edu/~jbovet/vas.html
    Download :
    http://www.cs.usfca.edu/~jbovet/vas/download/generic.zip

>>>Tulisan ini bisa kalian download dalam bentuk PDF Download Software Simulator Otomata - Gojo peppo.pdfdisini

No comments:

Post a Comment