//iklan otomatis

GoJo pepPo

"ikatlah ilmu dengan menulisnya" salam,Gojo peppo

Wednesday 1 June 2011

Menyembunyikan file dalam gambar

File merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi kita, apalagi file-file yang sangat rahasia. Bila file-file ini bocor atau diketahui oleh orang lain bisa sangat berbahaya. Saya akan berbagi sedikit tips disini bagaimana cara menyimpan file-file rahasia anda tersebut ke dalam sebuah gambar. Kita akan menggunakan dua teknik, yaitu melalui DOS Prompt dan melalui Batch file. Jadi anda dapat menggunakan salah satu dari dua teknik tersebut yang sesuai dengan anda.
Silahkan Ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  1. Pastikan komputer anda harus sudah terinstal program untuk mengkompres file, bisa WinRAR, 7-ZIP atau yang lainnya. Windows sendiri sudah punya alat untuk mengkompres data dengan ekstensi .ZIP. Tapi agar lebih efisien anda dapat menggunakan WinRAR, selain dapat mengkompres data hingga batas minimum sehingga file dapat tersembunyi dengan aman tanpa dicugai, WinRAR juga dapat meng-enskripsi file dengan password sehingga data akan jauh lebih aman.

  2. Siapkan file rahasia anda, bisa itu video, document atau lainnya dan sebuah gambar untuk menyembunyikan file tersebut, misalnya disini saya mempunyai sebuah file vidio.3gp yang akan saya sembunyikan dan sebuah file gambar.jpg untuk tempat menyembunyikan file vidio.3gp. Kemudian simpanlah kedua file tersebut dalam satu direktori (folder) yang sama.

  3. Kompres vidio.3gp, disini saya menggunakan WinRAR. Dengan cara klik kanan di vidio.3gp lalu pilih Add to vidio.rar. Maka akan terciptafile baru dengan nama vidio.rar.

    Hasilnya :

  4. Setelah semua file telah dikompres, maka kita akan memasuki tahap menggabungkan file. Disini lah anda dapat memilih menggunakan DOS Promtp atau Batch file. Saya akan memulai dengan menggunakan DOS Prompt selanjutnya baru menggunakan Batch file.
    Buka Command Prompt dengan cara Klik Start Menu > Run ketik cmd
    Kemudian masuk ke direktori tempat nyimpan file-file tadi. Karena saya menyimpannya di E:\, maka ketikkan E: lalu enter.

    masukan perintah berikut :
    copy /b gambar.jpg+vidio.rar hasil.jpg

    copy = perintah untuk menyalin
    /b = atribut perintah salin yang berarti menyalin secara Binary
    gambar.jpg+vidio.rar = file yang akan disalin, dalam hal ini kita sekaligus menggabungkan 2 file
    hasil.jpg = file hasil salin


    Gambar diatas menunjukkan bahwa proses telah sukses. Untuk memastikannya bukalah folder tempat anda menyimpan file-file tadi. Jika berhasil, maka akan muncul sebuah file baru bernama hasil.jpg.

    Sekarang kita akan mencoba melalui batch file. Sebenarnya sih sama aja caranya, hanya mediumnya saja yang berbeda.
    Sekarang bukalah aplikasi notepad dengan cara Start menu > Run > ketik notepad > OK atau start menu > all program > Accessories > Notepad.

    Lalu ketik script berikut :

    @echo off
    copy /b gambar.jpg+vidio.rar hasil.jpg



    Simpan script tersebut di derektori yang sama dengan nama hide.bat dan pada Save as type pilih All files kemudian klik Save.
    Tutup semua jendela program yang terbuka. Kemudian bukalah folder tempat anda menyimpan file-file tadi. Double klik pada file hide.bat yang telah kita buat tadi. Jika berhasil, maka akan muncul sebuah file baru bernama hasil.jpg.
Cobalah perhatikan file hasil.jpg tersebut. Sekilas tampak tidak akan ada bedanya dengan file gambar.jpg kecuali ukuran filenya yang berubah (besar filenya adalah gabungan dari vidio.rar dengan gambar.jpg).



Anda tetap dapat membuka file tersebut dengan Image Viewer atau ACDsee Quick View. Tidak ada tanda-tanda bahwa ada sebuah rahasia besar didalamnya. Untuk membuka file rahasianya anda cukup dengan klik kanan hasil.jpg > Open With > Choose Program > pilih WinRar > lalu klik OK. File rahasia anda akan muncul dihadapan anda. Anda dapat mengextract file tersebut sebagaimana anda mengextract file rar pada umumnya. File sumber dapat anda hapus jika mau. 


Disinilah sebenarnya inti dari persembunyiannya. Coba anda pikirkan, dalam kondisi wajar tidak mungkin ada orang membuka file gambar dengan aplikasi file compressor (WinRAR). Tentunya dapat dipastikan orang akan membuka sebuah file gambar dengan Image Viewer. Dengan memanfaatkan kebiaasaan ini setidaknya file anda akan tersembunyi dengan aman. Kini anda dapat mengirimkan file-file rahasia anda kepada rekan-rekan anda dengan tenang. Tentunya jangan lupa anda memberitahukan rekan anda cara membukanya.

No comments:

Post a Comment